Putera, Rizqan (2021) Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran media daring dimasa pandemi covid-19. Karya Tulis Ilmiah, PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.
Text
KTI Rizqan Putera PO.62.20.1.18.111.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang :Wabahcoronavirusdisease2019(Covid-19)yang telahmelanda215negaradi dunia,memberikantantangan tersendiri bagilembaga pendidikan,khususnya Perguruan Tinggi. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah telah melarang perguruan tinggiuntuk melaksanakan perkuliahan tatap muka (konvensional)dan memerintahkan untuk menyelenggarakan perkuliahan ataupembelajaran secara daring. Dalam pembelajaran daring, tak lepas dari berbagai macam persepsi baik persepsi positif maupun persepsi negatif. Hal ini dipengaruhi oleh kemudahan mahasiswa untuk mengakses, jaringan internet yang memadai, dan lain-lain. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa semakin memadai jaringan internet & pemberian materi diberikan secara tepat, maka akan menimbulkan persepsi yang positif dari mahasiswa. Sebaliknya, apabila terdapat faktor penghambat dalam pembelajaran daring, maka persepsi yang ditimbulkan dari pembelajaran daring pun akan negatif.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran media daring dimasa pandemi Covid-19
Metode Penelitian:Literature review ini diolah berdasarkan jurnal akademis dari google translate yang dipublikasikan pada tahun 2020. Metode yang digunakan dimulai dari pencarian dengan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran media daring dimasa pandemi Covid-19 kemudian jurnal yang telah diperoleh diolah untuk dianalisis.
Hasil penelitian : Diketahui pada jurnal pertama persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring berdasarkan akses internet memiliki kategori yang positif. Hasil persentase menunjukkan dari 60 orang ada sebanyak 53 orang (88,3%) yang memiliki akses internet baik. Sedangkan persepsi mahasiswa berdasarkan pemahaman terhadap materi ajar termasuk kategori positif yaitu sebanyak 56 orang (93,34%). Pada jurnal kedua persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring berdasarkan akses internet memiliki kategori yang positif. Hasil persentase menunjukkan dari 50 orang ada sebanyak 46 orang (92%) yang memiliki akses internet baik. Sedangkan persepsi mahasiswa berdasarkan pemahaman terhadap materi ajar termasuk kategori positif yakni 47 orang (94%). Sedangkan, pada jurnal ketiga persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring berdasarkan akses internet memiliki kategori yang negatif. Hasil persentase menunjukkan dari 247 orang ada sebanyak 142 orang (57,2%) memiliki persepsi yang negatif. Sedangkan persepsi mahasiswa berdasarkan pemahaman terhadap materi ajar termasuk kategori positif yakni 145 orang (59%).
Kesimpulan : Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring berdasarkan akses jaringan internet dan pemahaman terhadap materi ajar memiliki persentase yang positif. Sebagian persepsi mahasiswa yang negatif secara garis besar dipengaruhi oleh jeleknya jaringan internet dan kurang pahamnya mahasiswa terhadap materi ajar yang diberikan.
Item Type: | Tugas Akhir Mahasiswa (Karya Tulis Ilmiah) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111005 Mental Health Nursing 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111009 Nursing Research 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology |
Divisions: | Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma III Keperawatan |
Supervisor: | Kasuma, Wijaya Atmaja and Purba, Maria Magdalena and Syam'ani, Syam'ani |
Depositing User: | Rizqan Putera |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 04:07 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 04:07 |
URI: | http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/1272 |
Actions (login required)
View Item |