Literature review : Peran orang tua terhadap pendampingan belajar anak pada masa pandemi covid-19

Agustini, Tiyas (2022) Literature review : Peran orang tua terhadap pendampingan belajar anak pada masa pandemi covid-19. Karya Tulis Ilmiah, PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text (Literatur Review)
KTI LR TIYAS AGUSTINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Adanya pandemi covid-19 mengharuskan anak untuk belajar di rumah. Proses pembelajaran selama pandemi yang dilaksanakan secara daring menuntut peran lebih orang tua dalam proses belajar anak, sehingga peranan orang tua dalam mendidik anak berada pada urutan pertama.

Tujuan Penelitian : Untuk mengidentifikasi peran orang tua dalam mendampingi belajar anak pada masa pandemi covid-19, serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami anak dan orang tua dalam pembelajaran anak pada masa pandemi covid-19.

Metode Penelitian : Penelitian kualitatif yang hasil penelusuran artikel melalui database Google Scholar dan menggunakan kata kunci, penulis mendapatkan 39 artikel penelitian sesuai kata kunci yang telah ditentukan. Artikel yang terduplikasi dan tidak relevan dengan topik penelitian dihapus sebanyak 20 artikel sehingga diperoleh 19 artikel penelitian. Dari 19 artikel penelitian, penelitian yang tidak dianggap layak sebanyak 9 penelitian dikeluarkan dalam daftar sehingga tersisa 10 penelitian. Artikel lengkap yang dinilai untuk kelayakannya sebanyak 7 artikel, dan artikel lengkap yang dieksklusi dengan alasan sebanyak 4 artikel, sehingga yang terinklusi sebanyak 3 artikel.

Hasil Penelitian : Didapatkan hasil bahwa peran orang tua untuk mendampingi anak belajar terutama di masa pandemi Covid-19 yaitu, orang tua memiliki peran sebagai guru di rumah, dimana orang tua dapat membimbing anak dalam belajar secara jarak jauh dari rumah, orang tua sebagai fasilitator yaitu orang tua sebagai sarana dan pra-sarana bagi anaknya dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, orang tua sebagai motivator yaitu orang tua dapat memberikan semangat serta dukungan kepada anaknya dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga anak memiliki semangat untuk belajar serta memperoleh prestasi yang baik, dan orang tua sebagai pengaruh yang baik untuk anaknya. Pentingnya peran orang tua dalam mendampingi belajar anak di masa pandemi covid-19 terdapat beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami oleh orang tua dan anak. Faktor pendukung tersebut antara lain, orang tua yang mampu mendampingi anak belajar dari rumah, menyediakan fasilitas belajar, serta mengawasi kegiatan dan waktu belajar anak di rumah. Adapun beberapa faktor yang menjadi penghambat bagi beberapa orang tua untuk mendampingi anak belajar yaitu seperti, kesibukan bekerja, orang tua yang tidak dapat menyediakan fasilitas untuk belajar dengan baik, latar belakang pendidikan orang tua yang tidak sekolah sehingga tidak mengerti materi anak jika anak membutuhkan bantuan orang tuanya, serta lingkungan dan teman sejawat yang tidak mendukung untuk peningkatan dan kelancaran proses belajar.

Kesimpulan : Berdasarkan telaah artikel ini diharapkan orang tua dan anak dapat berkomunikasai dengan baik untuk tercapainya target pembelajaran, dan dapat meminimalisir berbagai hambatan yang terjadi pada proses pembelajaran anak di masa pandemi covid-19.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pendampingan Belajar Anak, Masa Pandemi Covid-19
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111704 Community Child Health
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111714 Mental Health
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma III Keperawatan
Supervisor: Sulistyowati, Reny
Depositing User: Tiyas Agustini
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:47
Last Modified: 15 Nov 2022 02:05
URI: http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item