Arisani, Greiny and Wahyuni, Seri (2022) Booklet pendidikan kesehatan remaja : Pertumbuhan dan perkembangan remaja. Poltekkes Kemenkes Palangka Raya.
Text
Booklet Tumbang Remaja.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Kelompok usia remaja merupakan kelompok yang cukup besar, sekitar 23% dari seluruh populasi. Sebagian generasi penerus, kelompok ini merupakan aset atau modal utama sumber daya manusia bagi pembangunan bangsa dimasa yang akan datang. Kelompok remaja merupakan kelompok dengan jumlah populasi cukup besar, keunikan dalam pertumbuhan dan perkembangannya yang pesat secara fisik, psikologis maupun sosial dimana mereka memasuki masa yang penuh strom and stress, yaitu masa pubertas. Beberapa ciri yang khas dari perkembangan remaja dapat dilihat bahwa masa awal remaja adalah tahap dimana remaja mengalami krisis karena adanya perubahan fisik maupun psikososial.
Pertumbuhan organ seks primer (menstruasi, mimpi basah) berimplikasi terhadap menculnya hasrat seksual dan ketretarikan terhadap lawan jenis. Pertumbuhan karakteristik seks sekunder seperti penonjolan payudara pada remaja perempuan, pembesaran testis pada remaja laki-laki, pertumbuhan rambut ketiak atau rambut pubis yang terlambat atau terlalu dini seringkali menimbulkan perasaan malu, minder dan kurang percaya diri karena merasa berbeda dengan teman sebayanya. Keinginan untuk mencari nilai dan energi baru, meningkatkan kecintaan terhadap diri sendiri serta banyaknya fantasi terhadap kehidupan sehingga penting bagi remaja untuk dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111712 Health Promotion 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services |
Divisions: | Jurusan Kebidanan > Program Studi Diploma III Kebidanan |
Depositing User: | Gege |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 08:46 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 08:46 |
URI: | http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/2628 |
Actions (login required)
View Item |