Meirananda, Reyza (2023) Pengaruh Edukasi dengan Media Video tentang Higiene Sanitasi dan Sarana Prasarana terhadap Pengetahuan Penjamah Makan di Panti Asuhan Berkah Palangka Raya. Skripsi, PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN GIZI DAN DIETETIKA, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.
Text
Reyza Meirananda_Pengaruh Edukasi dengan Media Video Tentang Higiene Sanitasi Dan Sarana Prasarana Terhadap Pengetahuan Penjamah Makan Di Panti Asuhan Berkah Palangka Raya.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang : Penjamah makanan merupakan seseorang yang terlibat dalam suatu rangkaian kegiatan memasak sehingga harus menjaga kebersihan agar makanan yang diolah aman untuk dikonsumsi dan sehat. Dapur yang digunakan juga harus memiliki kelengkapan sarana prasarana agar memudahkan penjamah makanan melakukan kegiatan memasak. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh edukasi dengan media video tentang higiene sanitasi dan sarana prasarana terhadap pengetahuan penjamah makanan di panti asuhan Berkah Palangka Raya. Metode penelitian : Desain penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang didapat 24 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data yang dikumpulkan yaitu usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, status pekerjaan dan pengetahuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian : Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar usia responden dalam kategori remaja (95,8%), jenis kelamin sebagian besar perempuan (95,8%), pendidikan terakhir sebagian besar SD (87,5%), dan status pekerjaan sebagian besar anak asuh (87,5%). Hasil uji wilcoxon menunjukkan p-value pengetahuan higiene sanitasi 0.000 (p-value < 0.005) dan p-value pengetahuan sarana prasarana 0.000 (p-value < 0.005). Kesimpulan : Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat pengaruh edukasi dengan media video terhadap peningkatan pengetahuan penjamah makanan di panti asuhan Berkah Palangka Raya.
Abstract: A food handler is someone who is involved in a series of cooking activities, so they must maintain cleanliness so that the food is safe for consumption and healthy. The kitchen used must also have complete infrastructure to make it easier for food handlers to carry out cooking activities. This study aims to influence education using video media about sanitation hygiene and infrastructure on the knowledge of food handlers at the Berkah Palangka Raya orphanage. Research method: The research design used was a quasy experiment with one group pre-test post-test design. Sampling used purposive sampling, the samples obtained were 24 people who met the inclusion and exclusion criteria. The data collected are age, gender, last education, employment status and knowledge. Data collection was carried out using a questionnaire. Research results: The results showed that most of the respondents were in the adolescent category (95.8%), the sex of the majority was female (95.8%), most of the last education was elementary school (87.5%), and the employment status of most of the children foster care (87.5%). The results of the Wilcoxon test showed that the p-value of knowledge of sanitation hygiene was 0.000 (p-value < 0.005) and the p-value of knowledge of infrastructure was 0.000 (p-value <0.005). Conclusion: The test results show that there is an effect of education with video media on increasing the knowledge of food handlers at the Berkah Palangka Raya orphanage.
Item Type: | Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media video, pengetahuan, higiene sanitasi, sarana prasarana, penjamah makanan |
Subjects: | 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1111 Nutrition and Dietetics > 111104 Public Nutrition Intervention |
Divisions: | Jurusan Gizi > Program Studi Diploma IV Gizi |
Supervisor: | Dhini, Dhini and Oktaviyani, Prisilia |
Depositing User: | Reyza Meirananda |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 09:13 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 09:13 |
URI: | http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/2961 |
Actions (login required)
View Item |