Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada siswa SMPN 4 Palangka Raya

Setianata, Carolin Eka (2024) Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada siswa SMPN 4 Palangka Raya. Skripsi, SARJANA TERAPAN KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
Carolin SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Bullying adalah penyalahgunaan kekuasaan yang secara disengaja dan sering dalam suatu hubungan, seperti melalui perilaku bullying verbal, fisik, dan sosial yang terus menerus yang bertujuan agar dapat menimbulkan kerugian. Bentuk pola asuh orang tua mempengaruhi pembentukan kepribadian anak saat dia dewasa. Oleh karena itu pentingnya pola asuh orang tua demi pendidikan serta membangun karakteristik remaja untuk menjadi lebih baik. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Bullying pada siswa di SMPN 4 Palangka Raya. Metode Penelitian: Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional, dengan teknik proportionate random sampling dengan jumlah responden sebesar 31 siswa. Analisis statistik menggunakan uji chi square. Hasil: Dari 31 responden lebih banyak orang tua yang menerapkan pola asuh permisif yaitu sebanyak 13 (41,9%) dibanding pola asuh otoriter 10 (32,3%) dibanding demokratis 8 (25,8%). Sedangkan untuk perilaku bullying dari 31 responden di peroleh bahwa kategori tidak pelaku bullying sebanyak 28 (90,3%) dibandingkan pelaku bullying sebanyak 3 (9,7%). Berdasarkan nilai p-value dari uji chi-square diperoleh hasil (0,031) bahwa ada hubungan antara hubungan pola asuh orang tua dan perilaku bullying pada siswa di SMPN 4 Palangka Raya. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku bullying di SMPN 4 Palangka Raya.

Background: Bullying is a deliberate and frequent abuse of power in a relationship, such as through continuous verbal, physical and social bullying behavior aimed at causing harm. The form of parental parenting influences the formation of a child's personality when he grows up. Therefore, the importance of parenting is for the sake of education and developing the characteristics of teenagers to become better. Research Objective: To determine the relationship between parenting styles and bullying behavior among students at SMPN 4 Palangka Raya. Research Method: This research design uses a cross-sectional approach, with proportionate random sampling technique with a total of 31 students as respondents. Statistical analysis uses the chi square test. Results: Of the 31 respondents, there were more parents who applied permissive parenting, namely 13 (41.9%) compared to authoritarian parenting, 10 (32.3%) compared to democratic, 8 (25.8%). Meanwhile, for bullying behavior from 31 respondents, it was found that the category of non-bullying perpetrators was 28 (90.3%) compared to 3 (9.7%) perpetrators of bullying. Based on the p-value from the chi-square test, the result was (0.031) that there was a relationship between parental parenting patterns and bullying behavior among students at SMPN 4 Palangka Raya. Conclusion: The results of the study show that there is a relationship between parenting patterns and bullying behavior at SMPN 4 Palangka Raya.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku bullying, pola asuh orang tua, pada anak sekolah.
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111005 Mental Health Nursing
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Kadiser Miden, Destinady and Yani, Fina Ratih Wira Fitri
Depositing User: Carolin Eka Setianata
Date Deposited: 10 Jun 2025 03:00
Last Modified: 10 Jun 2025 03:00
URI: http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item