Pengaruh edukasi dan modifikasi sayuran terhadap pengetahuan dan daya terima pelajar di SMP Islam Imam Nawawi kota Palangka Raya

Anwari, Nur Annisa (2024) Pengaruh edukasi dan modifikasi sayuran terhadap pengetahuan dan daya terima pelajar di SMP Islam Imam Nawawi kota Palangka Raya. Skripsi, PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN GIZI, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text (Skripsi bab 1-5, daftar pustaka dan lampiran)
Skripsi_Nur Annisa Anwari.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masa remaja sangat membutuhkan zat gizi yang seimbang salah satunya sayuran yang memiliki serat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi dan modifikasi sayuran terhadap pengetahuan dan daya terima pelajar di SMP Islam Imam Nawawi Kota Palangka Raya. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Dengan sampel 37 pelajar yang terdiri dari 46,8% kelas VIII dan 51,4% dari kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pengetahuan pelajar sebelum edukasi rata-rata nilai postest 61,08 dan sesudah diberikan edukasi rata-rata nilai posttest 87,57. Daya terima pelajar terhadap modifikasi olahan sayuran sebelum dimodifikasi (tumis kangkung) nilai rata-rata 46,97 dan nilai penimbangan sisa makan setelah dimodifikasi (kimbap angel) rata-rata 92,49. Hasil uji Wilcoxon diketahui ada pengaruh signifikan antara pemberian edukasi dengan media video terhadap pengetahuan pelajar (p-value=0,000 <0,05) serta ada pengaruh modifikasi sayuran terhadap daya terima pelajar di SMP Islam Imam Nawawi Kota Palangka Raya (p-value=0,000 <0,05).

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: remaja, edukasi. pengetahuan, modifikasi, daya terima
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1111 Nutrition and Dietetics > 111104 Public Nutrition Intervention
Divisions: Jurusan Gizi > Program Studi Diploma IV Gizi
Supervisor: Dhini, Dhini and Maulia, Resna
Depositing User: Nur Annisa Anwari
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:30
Last Modified: 04 Aug 2025 07:30
URI: http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/4593

Actions (login required)

View Item View Item