Hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Ruang Dahlia RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya peserta jaminan kesehatan nasional (JKN)

Yuyun, Yuyun (2017) Hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Ruang Dahlia RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya peserta jaminan kesehatan nasional (JKN). Skripsi, PROGRAM STUDI D-IV KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text (Full Text)
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

Layanan jasa kesehatan pada pasien belum memuaskan hal ini terbukti dengan masih banyak keluhan pasien dan keluarganya terhadap sikap dan perilaku perawat dalam memberikan layanan kesehatan. Ketidakpuasan yang disampaikan oleh pasien antara lain adalah perawat yang kurang ramah dan kurang tanggap terhadap keluhan pasien dan keluarganya, padahal 90% layanan kesehatan di rumah sakit terhadap pasien adalah layanan keperawatan. Disinilah perawat harus memahami dan menyadari perannya dalam memberikan perawatan aman serta dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pasien. Mengetahui Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Dahlia RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Penelitian menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Jumlah responden 38 orang. Pengambilan data pelayanan keperawatan menggunakan kuesioner dan kepuasan pasien rawat inap menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan uji Chi-Square. Hasil analisa statistik diketahui bahwa pelayanan keperawatan yang paling mendominasi adalah baik sebanyak 33 orang (86,8%), kepuasan pasien rawat inap dalam kategori puas sebanyak 30 orang (78,9%) dengan p value 0,001 (=0,05). Terdapat hubungan yang signifikan antara Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Dahlia RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pelayanan Keperawatan, Dan Kepuasan Pasien Rawat Inap
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Sulistyowati, Reny and Christyanni, Yuyun and Utama, Nang Randu
Depositing User: Titi Novianty
Date Deposited: 22 Jun 2020 04:13
Last Modified: 22 Jun 2020 04:13
URI: http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/572

Actions (login required)

View Item View Item