Efektivitas pendidikan kesehatan terhadap keberhasilan IMD pada ibu hamil usia gestasi 36-40 minggu

Fahriyan, Muthya Aulina (2020) Efektivitas pendidikan kesehatan terhadap keberhasilan IMD pada ibu hamil usia gestasi 36-40 minggu. Skripsi, PRODI PENDIDIKAN PROFESI KEBIDANAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
SKRIPSI MUTYA AULINA F.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Bayi yang mulai menyusu 2-23 jam setelah lahir memiliki resiko kematian neonatal sebesar 33% dibandingkan dengan bayi yang diinisiasi menyusu 1 jam pasca kelahiran. Selain itu, bayi yang mulai menyusu >24 jam setelah kelahiran memiliki risiko 85% atau 2,19 kali lipat lebih besar mengalami kematian neonatal dibandingkan dengan bayi yang menyusu <24 jam setelah lahir. Keberhasilan pelaksanaan IMD ditentukan oleh adanya edukasi dan motivasi IMD yang diberikan bidan kepada ibu sejak masa kehamilannya. Media yang menarik akan memberikan keyakinan, sehingga perubahan kognitif afeksi dan psikomotor dapat dipercepat. Media yang digunakan dalam pendidikan kesehatan beraneka ragam, diantaranya adalah media cetak dan audiovisual (Zakariya, 2016).
Tujuan : Mengetahui Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Video dan Flipchart Terhadap Keberhasilan IMD pada Ibu Hamil Usia Gestasi 36-40 Minggu di PMB Kota Palangka Raya
Metode : Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Eksperiment. Rancangan dalam penelitian ini adalah desain penelitiannya Nonequivalent Control Group Posttest-Only Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis Consecutive Sampling. Besar Sampel yang digunakan sebanyak 20 Responden.
Hasil :Hasil penelitian ini dari 20 Responden yang berhasil melakukan IMD (70%) dan yang tidak berhasil melakukan IMD (30%). Hasil Uji statistik menggunakan uji Mann-Whitney, didapatkan hasil bahwa p-value 1,000>0,05 yang artinya bahwa tidak ada efektivitas pendidikan kesehatan dengan media Video terhadap keberhasilan IMD, pada pendidikan kesehatan dengan media Flipchart didapatkan hasil p-value 1,000 > 0,05 yang artinya bahwa tidak ada efektivitas pendidikan kesehatan dengan media Flipchart terhadap keberhasilan IMD. Sedangkan pada perbedaan rata-rata Keberhasilan IMD antara responden yang diberikan Pendidikan Kesehatan dengan Media Video dan Flipchart didapatkan hasil p-value 0,109 > 0,05 yang berarti bahwa tidak ada perbedaan efektivitas pendidikan kesehatan dengan media Video dan pendidikan kesehatan Video dengan media Flipchart.
Simpulan : Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan efektivitas pendidikan kesehatan dengan media video dan Flipchart terhadap keberhasilan Inisiasi Menyusu Dini.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Media, Inisiasi Menyusu Dini
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111011 Nursing Specialties > 11101114 Midwifery
Divisions: Pendidikan Profesi > Pendidikan Profesi Kebidanan
Supervisor: Herlinadiyaningsih, Herlinadiyaningsih and Oktaviani, Oktaviani
Depositing User: ELINE CHARLA SABATINA BINGAN
Date Deposited: 01 Apr 2021 03:46
Last Modified: 12 Nov 2021 04:34
URI: http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item View Item