Raudah, Raudah (2022) Pengaruh pendidikan gizi melalui media video pengukuran antropometri balita terhadap pengetahuan dan keterampilan kader posyandu di wilayah Puskesmas Kasongan 2. Skripsi, PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN GIZI DAN DIETETIKA, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.
Text
SKRIPSI RAUDAH (AJ IV 2021).pdf Restricted to Registered users only Download (59MB) | Request a copy |
Abstract
Pada tahun 2019, cakupan penimbangan balita (D/S) di Kabupaten Katingan Prrovinsi Kalimantan Tengah, hanya sebesar 56,3%. Angka ini masih di bawah target nasional yang ditetapkan, yaitu ≥ 80%. Pemantauan pertumbuhan di posyandu masih terkendala pada ketersediaan peralatan pengukuran antropometri, misalnya alat ukur panjang badan dan alat ukur tinggi badan. Selain itu, kurangnya keterampilan serta kemampuan kader dalam menggunakan peralatan dan menentukan status gizi balita juga masih menjadi hambatan dalam pemantauan pertumbuhan balita, pengetahuan dan keterampilan kader posyandu.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Pendidikan Gizi melalui Media Video Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre dan post test yakni intervensi diberikan perlakuan melalui pemberian media video pengukuran antropometri balita. Populasi berjumlah 30 kader dari 6 posyandu yang ada di wilayah kerja puskesmas kasongan 2.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video secara signifikan dapat mempengaruhi peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu dalam melakukan pengukuran antropometri balita (p < 0,05).
In 2019, the coverage of weighing children under five (D/S) in Katingan Regency Central Kalimantan Province, was only 56.3%. This figure is still below the national target set, which is 80%. Monitoring growth at the posyandu is still constrained by the availability of anthropometric measurement equipment, such as measuring body length and measuring height. In addition, the lack of skills and abilities of cadres in using equipment and determining the nutritional status of toddlers is also still an obstacle in monitoring the growth of toddlers, knowledge and skills of posyandu cadres.
This study aims to analyze the Effect of Nutrition Education through Video Media on Knowledge and Skills.
This research is a quantitative research with a pre and post test research design, namely the intervention is given treatment through the provision of video media for anthropometric measurements of toddlers. The population is 30 cadres from 6 posyandu in the working area of the Kasongan 2 health center.
The results of this study indicate that video media can significantly affect the increase in knowledge and skills of posyandu cadres in carrying out anthropometric measurements of toddlers (p < 0.05).
Actions (login required)
View Item |