Pengaruh edukasi dengan lembar balik terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita mengenai keluarga sadar gizi di wilayah Desa Sungai Batang Kabupaten Murung Raya

Andriani, Tresa (2023) Pengaruh edukasi dengan lembar balik terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita mengenai keluarga sadar gizi di wilayah Desa Sungai Batang Kabupaten Murung Raya. Skripsi, SARJANA TERAPAN GIZI DAN DIETETIKA, POLTEKKES KEMENKES PALANGKARAYA.

[img] Text
Tresa Andriani_Skripsi 2023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Keluarga sadar gizi (Kadarzi ) merupakan semua anggota keluarga yang memahami tentang perilaku gizi dan mampu mengatasi masalah gizi. Salah satu upayanya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap keluarga sadar gizi pada ibu balita dengan edukasi menggunakan lembar balik. Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi menggunakan lembar balik terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita mengenai Kadarzi di wilayah Desa Sungai Batang Kabupaten Murung Raya. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah quasy-experimental dengan one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu balita di wilayah Desa Sungai Batang Kabupaten Murung Raya. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 26 ibu balita. Analisis data dilakukan secara univariat (karakteristik responden, pengetahuan, sikap sebelum dan sesudah pemberian edukasi) dan bivariat (uji McNemar). Hasil: Kelompok usia ibu balita yaitu 19-48 tahun, pendidikan ibu balita terbanyak yaitu sekolah dasar (46,2%) dan sebagian besar ibu balita adalah ibu rumah tangga (96,2%). Hasil menunjukan adanya peningkatan pengetahuan dan sikap ibu balita setelah dilakukan edukasi dan adanya pengaruh edukasi dengan lembar balik terhadap pengetahuan mengenai keluarga sadar gizi (p =0,000) dan terhadap sikap (p =0,000). Kesimpulan: Pemberian edukasi dengan lembar balik berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita di wilayah Desa Sungai Batang Kabupaten Murung Raya.

Background: A nutrition conscious family (Kadarzi ) is all family members who understand nutritional behavior and are able to overcome nutritional problems. One of the efforts to increase the knowledge and attitudes of families who are aware of nutrition in mothers with toddlers is by educating them using flipcharts. Objective: To find out the effect of education using flipcharts on the knowledge and attitudes of toddler mothers regarding Kadarzi in the Sungai Batang Village area, Murung Raya Regency. Method: The research design used was quasy-experimental with one group pre-test post-test. The population in this study were all mothers under five in the Sungai Batang Village area, Murung Raya Regency. The sampling technique used purposive sampling method with a total of 26 toddler mother. Data analysis was carried out using univariate (respondent characteristics, knowledge, attitudes before and after providing education) and bivariate (McNemar's test). Results: The age group of toddler mother is 19-48 years, the highest education of toddler mother is elementary school (46,2%) and most of toddler mother are housewives (96.2%). The results showed that there was an increase in knowledge and attitudes of toddler mother after education was carried out and there was an effect of education with flipcharts on knowledge about nutrition-aware families (p=0.000) and on attitudes (p=0.000). Conclusion: Providing education with flipcharts has an effect on the knowledge and attitudes of toddler mothers in the Sungai Batang Village area, Murung Raya Regency.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar balik, Kadarzi , Ibu balita, Pengetahuan, Sikap
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1111 Nutrition and Dietetics > 111104 Public Nutrition Intervention
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1111 Nutrition and Dietetics
Divisions: Jurusan Gizi > Program Studi Diploma IV Gizi
Supervisor: Widiastuti, Erma Nurjanah and Normila, Normila
Depositing User: Tresa Andriani
Date Deposited: 24 Oct 2023 09:13
Last Modified: 24 Oct 2023 09:13
URI: http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/2970

Actions (login required)

View Item View Item