Tingkat kepuasan pelayanan makanan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Doris Sylvanus Kota Palangka Raya

Sumardianti, Dwi (2021) Tingkat kepuasan pelayanan makanan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Doris Sylvanus Kota Palangka Raya. Skripsi, PROGRAM STUDI DIPLOMA IV GIZI, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (25kB)

Abstract

Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan Pasien Ruang Aster di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Doris Sylvanus Provinsi Kalimantan Tengah Dwi Sumardianti *), Munifa, **), Juni Ramadhani, ***) *) Mahasiswa Program Studi Diploma IV Gizi Poltekkes Kemenkes Palangka Raya, **) Pembimbing I, ***) Pembimbing II. Latar Belakang : Penyelenggaraan makanan di Rumah Sakit, seringkali menjadi sorotan banyak pihak, khususnya yang berkaitan dengan kepuasan pasien. Hal ini selain efek psikologis orang sakit, juga karena makanan sebagai output penyelenggaraan makanan seringkali tidak memberikan kepuasan kepada pasien/pelanggan (Harryanto, 2014). Tujuan : Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan Pasien RUANG ASTERdi Ruang Aster Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Doris Sylvanus Kalimantan Tengah. Metode Penelitian : Rancangan penelitian ini dilakukan secara observasional dengan metode cross sectional yang bersifat deskriptif dan juga dilakukan uji beda pengantaran makanan saat makan pagi dan malam untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan Pasien RUANG ASTERdi Ruang Aster RSUD dr. Doris Sylvanus Kalimantan Tengah. Penelitian dilakukan sejak tanggal 17 Januari – 17 Februari 2018, dengan menggunakan sampel sebanyak 40 orang pasien di Ruang Aster. Hasil Penelitian : Untuk ketepatan waktu sebanyak 81,7% responden menyatakan ketepatan waktu pengantaran makanan saat sore hari sudah tepat waktu, keramahan pramusaji sebanyak 96,7% responden menyatakan keramahan pramusaji saat mengantarkan makanan pagi sudah baik, kerapian pramusaji sebanyak 98,3% responden menyatakan kerapian pramusaji saat mengantarkan makanan pagi sudah baik, dan kebersihan pramusaji sebanyak 95,0% responden menyatakan kebersihan pramusaji saat mengantarkan makan malam sudah baik. Untuk pelayanan pramusaji pada ketepatan waktu pengantaran makanan dan keramahan pramusaji ada perbedaan antara makan pagi dan malam, sedangkan untuk cara berpakaian dan kebersihan pramusaji tidak ditemukan perbedaan antara pengantaran makanan pagi dan malam hari. Kata Kunci : tingkat kepuasan, ketepatan waktu pengantaran makanan, keramahan pramusaji, kerapian pramusaji, kebersihan pramusaji. Kepustakaan : 12 buku (1990-2016)

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat kepuasan, ketepatan waktu pengantaran makanan, keramahan pramusaji, kerapian pramusaji, kebersihan pramusaji.
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1111 Nutrition and Dietetics > 111104 Public Nutrition Intervention
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1111 Nutrition and Dietetics > 111199 Nutrition and Dietetics not elsewhere classified
Divisions: Jurusan Gizi > Program Studi Diploma IV Gizi
Supervisor: Munifa, Munifa and Ramadhani, Juni
Depositing User: Sukrianur Ahmad
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:20
Last Modified: 24 Jun 2020 08:24
URI: http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item