Gambaran tingkat stres mahasiswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19

Feysal, Feysal (2021) Gambaran tingkat stres mahasiswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Karya Tulis Ilmiah, PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
FEYSAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Disebabkan bertambahnya kasus terkonfirmasi positif COVID-19,
pemerintah pun memutuskan untuk memberlakukan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial
Berskala Besar) bagi wilayah yang masuk dalam zona merah penyebaran COVID-19 di
Indonesia yang mana hal tersebut berdampak bagi dunia pendidikan sehingga
pembelajaran yang biasa dilakukan tatap muka di lingkungan kampus ataupun lahan praktek
berubah menjadi pembelajaran menggunakan media daring untuk menerapkan peraturan
PSBB tersebut. Perubahan yang terjadi secara tiba-tiba ini tentu dapat menimbulkan stres
tersendiri bagi mahasiswa.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui gambaran tingkat stres mahasiswa dalam
melakukan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19
Metode Penelitian : Literature review ini disusun berdasarkan jurnal penelitian dari hasil
pencarian melalui database google scholar yang dipublikasikan pada tahun 2020. Metode
yang digunakan dimulai dari pencarian jurnal menggunakan kata kunci yang disesuaikan
dengan Medical Subject Heading (MeSH), kemudian jurnal yang telah diperoleh diolah untuk
dianalisi dan ditelaah.
Hasil Peneltian : Pada jurnal pertama didapatkan hasil penelitian dengan jumlah responden
penelitian sejumlah 70 mahasiswa sebagian besar responden pada penelitian ini mengalami
tingkat stres dalam kategori sedang yaitu sebanyak 27 mahasiswa (38,57%). Sedangkan 20
mahasiswa (28,57%) mengalami stres berat tingkat berat, dan 23 mahasiswa (32,86)
mengalami stres tingkat ringan. Pada jurnal kedua hasil terkait tingkat stres menunjukkan
mahasiswa dengan tingkat stres normal yaitu 167 mahasiswa (87,89%) dan terdapat
beberapa mahasiswa yang mengalami stres ringan yaitu 23 mahasiswa (12,11%) akibat
pembelajaran daring. Pada jurnal ketiga mendapati bahwa dari 300 orang mahasiswa yang
dijadikan sampel penelitian, terdapat sebanyak 39 mahasiswa (13%) yang memiliki tingkat
stres akademik kategori tinggi, sebanyak 225 mahasiswa (75%) memiliki tingkat stres
akademik pada kategori sedang, dan sebanyak 36 mahasiswa (12%) memiliki tingkat stres
akademik yang berada pada kategori rendah.
Kesimpulan : Tingkat stres pada kategori sedang lebih banyak dialami mahasiswa selama
melakukan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19, sedangkan tingkat stres pada
kategori berat lebih sedikit dialami mahasiswa selama melakukan pembelajaran daring di
masa pandemi COVID-19.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Karya Tulis Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Stres, Pembelajaran Daring, Mahasiswa, Pandemi COVID-19
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma III Keperawatan
Supervisor: Missesa, Missesa and Mansyah, Barto and Utama, Nang Randu
Depositing User: Feysal
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:10
Last Modified: 08 Sep 2021 02:10
URI: http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/1397

Actions (login required)

View Item View Item