Megasari, Megasari and Aden, Christine and Utama, Nang Randu (2022) Gambaran perilaku sosial remaja pemain game online di Kelurahan Palangka. Karya Tulis Ilmiah, PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.
Text
KTI Megasari.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang :Teknologi internet dewasa ini semakin berkembang pesat, salah satu manfaatnya adalah sebagai sarana hiburan, misalnya untuk bermain. Permainan dengan menggunakan koneksi internet tersebut dikenal sebagai game online. Remaja adalah pengguna terbanyak permainan game online. Game online dapat mempengaruhi aspek sosial remaja dalam menjalani kehidupan sehari-hari, karena banyaknya waktu yang dihabiskan di dunia maya mengakibatkan remaja kurang berinteraksi dengan orang lain dalam dunia nyata. Game online juga membawa dampak yang besar pada jiwa seseorang dan kerap membuat pemainnya melupakan kehidupan sosial dalam kehidupan sebenarnya, remaja melupakan banyak hal yang lebih penting seperti belajar, makan, beribadah, bahkan kesehatannya sendiri.
Tujuan Penelitian : Mengetahui gambaran perilaku sosial remaja pemain game online
Metode Penelitian : Lokasi penelitian dilakukan di Warkop Hany. Dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Menggunakan kuesioner milik Lestari (2021) yang terdiri dari 25 pernyataan perilaku sosial dan sudah di uji Validitas Reabilitas. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil Penelitian :Dalam penelitian ini, usia responden dikelompokkan menjadi dua bagian. Usia 12-16 tahun mendominasi remaja pemain game online. Sedangkan kelompok usia responden yang paling sedikit adalah kelompok usia 17-25 tahun. Semua responden dalam penelitian ini adalah 100% laki-laki. Pendidikan responden yang paling banyak bermain game online adalah responden yang berpendidikan Perguruan Tinggi. Sisanya adalah responden yang berpendidikan SMA/SMK. Rata-rata perilaku sosial remaja pemain game online adalah 64% termasuk kategori sedang.
Kesimpulan : Gambaran Perilaku Sosial Remaja Pemain Game Online di Warkop Hany 83,33 % dalam perilaku sedang.
Item Type: | Tugas Akhir Mahasiswa (Karya Tulis Ilmiah) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | internet, game online, perilaku sosial |
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100502 Broadband and Modem Technology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology |
Divisions: | Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma III Keperawatan |
Supervisor: | Aden, Christine and Utama, Nang Randu |
Depositing User: | Megasari |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 08:53 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 08:53 |
URI: | http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/2701 |
Actions (login required)
View Item |