Objective structured clinical examination vs traditional method untuk mengevaluasi kompetensi klinis mahasiswa

Dwitanta, Sucipto Objective structured clinical examination vs traditional method untuk mengevaluasi kompetensi klinis mahasiswa. Laporan Penelitian. Repository. (Unpublished)

[img] Text
ABSTRAK OSCE.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penilaian kompetensi klinis mahasiswa keperawatan merupakan syarat penting dalam pendidikan keperawatan profesional. Objective structured clinical examination (OSCE) adalah teknik penilaian di mana siswa menunjukkan kompetensinya dalam berbagai kondisi simulasi.

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan OSCE diabndingkan dengan penilaian tradisional terhadap kinerja mahasiswa keperawatan.

Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan pendekatan studi literatur, artikel akan dipilih berdasarkan kriteria: Sumber pencarian dalam artikel ini menggunakan database berbasis ilmiah (ScienceDirect, PubMed, EBSCOhost, dan Wiley Library Online) digunakan untuk mengidentifikasi artikel yang relevan yang dimulai pada bulan Desember 2023 dengan menggunakan kata kunci OSCE – Nursing Student – Assesment. Lima artikel teks lengkap yang memenuhi semua kriteria inklusi dimasukkan dalam tinjauan ini.

Penelitian saat ini menemukan adanya perbedaan yang signifikan di kalangan mahasiswa keperawatan menunjukan hasil yang puas terhadap metode penilaian OSCE dibandingkan dengan mahasiswa keperawatan yang di uji dengan menggunakan metode tradisional. Selain itu, hasil penelitian ini memperjelas perbedaan yang sangat signifikan terhadap performa dan kinerja antara mahasiswa keperawatan yang dilakukan OSCE lebih baik dan memuaskan dibandingkan penilaian tradisonal.

Objective structured clinical examination (OSCE) dianggap sebagai alat untuk evaluasi klinis. OSCE selanjutnya tetap menjadi metode penilaian yang lebih obyektif dibandingkan bentuk pemeriksaan klinis tradisional yang digunakan sebelumnya. OSCE dapat digunakan paling efektif dalam kurikulum keperawatan sarjana untuk menilai praktik yang adil. Jenis ujian ini memberikan ukuran kompetensi keterampilan klinis yang akurat. Oleh karena itu, OSCE harus diadopsi sebagai strategi untuk menguji keterampilan klinis bagi mahasiswa keperawatan di semua tahun akademik.

Item Type: Laporan Penelitian (Laporan Penelitian)
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing > 111008 Nursing Practical
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Depositing User: Sucipto Dwitanta
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:31
Last Modified: 08 Jul 2024 07:31
URI: http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/3249

Actions (login required)

View Item View Item