Hubungan kadar hemoglobin dengan performa akademik anak usia sekolah kelas II - VI Di SD Negeri 1 Kereng Bangkirai

Mayang, Riwi Shinta (2024) Hubungan kadar hemoglobin dengan performa akademik anak usia sekolah kelas II - VI Di SD Negeri 1 Kereng Bangkirai. Skripsi, Sarjana Terapan Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI RIWI SHINTA MAYANG (4).pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Anak usia sekolah dasar (SD) merupakan masa kritis untuktumbuh kembang yang baik. Pola makan bergizi seimbang penting untuk menjamin pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat dan aktif , permasalahan yang rentan terjadi diantaranya anemia gizi besi. Anemia gizi besi dapat menyebabkan mudah tersinggung, menurunkan kemampuan konsentrasi di sekolah, menyebabkan rendahnya prestasi sekolah, dan dapat menurunkan produktivitas di sekolah . sehingga diperlukannya pencegahan dan penanganan agar performa akademik anak tidak terganggu Tujuan : Mengetahui Hubungan Kadar Hb dengan performa akademik siswa/i di SD Negeri 1 Kereng Bangkirai. Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dan Pendekatan penelitian ini yaitu cross-sectional. Teknik pengambilan sampel adalah stratified proporsional random sampling. Besaran sampel yang digunakan sebanyak 80 siswa/i. Uji statistic yang digunakan adalah uji Chi-Square Hasil : Terdapat Hubungan Kadar Hb dengan Performa Akademik pada anak usia sekolah di SD 1 Negeri Kereng Bangkirai (p = 0,03 < 0,05) Kesimpulan : Terdapat hubungan Kadar Hb dengan Performa akademik pada anak usia sekolah

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kadar Hb, Performa Akademik , Anak Usia Sekolah , Anemia Gizi Besi
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111712 Health Promotion
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services
Supervisor: Ardiyanti,, Vissia Didin
Depositing User: Riwi Shinta Mayang
Date Deposited: 23 Jan 2025 04:18
Last Modified: 23 Jan 2025 04:18
URI: http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/3387

Actions (login required)

View Item View Item