Hubungan tingkat stres dan nilai akademik siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kota Palangka Raya

Alisma, Wanda (2024) Hubungan tingkat stres dan nilai akademik siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kota Palangka Raya. Skripsi, PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
Wanda Alisma_Skripsi_Final.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya perhatian terhadap dampak stres pada prestasi akademik siswa, khususnya di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kota Palangka Raya. Stres dapat mempengaruhi kemampuan belajar dan kinerja akademik siswa, sehingga penting untuk memahami hubungan antara kedua variabel ini. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan nilai akademik siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Palangka Raya. Metode Penelitian: Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian terdiri dari 65 siswa yang berasal dari kelas XI dan XII. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner Depression Anxiety Stress Scales (DASS 42) untuk mengukur tingkat stres dan data nilai rapor untuk mengukur prestasi akademik. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square untuk menentukan hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia responden dengan usia 16 tahun lebih banyak. Hal itu dapat dilihat dari rata-rata dan modus usia yaitu 16. Frekuensi responden dengan tingkat stres normal sebanyak 23 responden (35,4%), tingkat stres ringan sebanyak 18 responden (27,7%), tingkat stres sedang sebanyak 17 responden (26,7%), dan dengan tingkat stres berat sebanyak 7 responden (10,8%). Frekuensi responden dengan nilai akademik yang baik sebanyak 60 responden (92,3%), dan yang mendapat nilai akademik sangat baik sebanyak 5 responden (7,7%). Hasil analisis uji bivariat Fisher dan didapatkan nilai p-value sebesar 1,00 yang mana lebih besar dari 0,05 dan berarti menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat stres dan nilai akademik pada siswa MAN Kota Palangka Raya. Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tingkat stres tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai akademik siswa.

Background: The background of this study is the increasing attention to the impact of stress on students' academic performance, particularly in Madrasah Aliyah Negeri (MAN) in Palangka Raya City. Stress can affect students' learning ability and academic performance, making it important to understand the relationship between these two variables. Research Objectives: This study aims to determine the relationship between stress levels and academic grades of Madrasah Aliyah Negeri (MAN) students in Palangka Raya City. Research Methods: The research method used was a quantitative approach with a cross-sectional design. The research sample consisted of 65 students from class XI and XII. The instruments used included the Depression Anxiety Stress Scales (DASS 42) questionnaire to measure stress levels and report card data to measure academic achievement. Data were analysed using the Chi-Square test to determine the relationship between these variables. Research Results: The results showed that the age of respondents with 16 years of age was more. The frequency of respondents with normal stress levels was 23 respondents (35.4%), mild stress levels were 18 respondents (27.7%), moderate stress levels were 17 respondents (26.7%), and with severe stress levels were 7 respondents (10.8%). The frequency of respondents with good academic grades was 60 respondents (92.3%), and those with excellent academic grades were 5 respondents (7.7%). The results of Fisher's bivariate test analysis and obtained a p-value of 1.00 which is greater than 0.05 and means that there is no relationship between stress levels and academic grades in Palangka Raya City MAN students. Conclusion: The conclusion of this study is that stress level does not have a significant influence on students' academic grades.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat stres, nilai akademik, siswa Keywords: stress levels, academic grades, students
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111714 Mental Health
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1110 Nursing
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1116 Medical Physiology
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Yeyentimalla, Yeyentimalla and Rikiy, Rikiy
Depositing User: Wanda Alisma
Date Deposited: 16 Jan 2025 03:09
Last Modified: 16 Jan 2025 03:09
URI: http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/3916

Actions (login required)

View Item View Item