Pengetahuan orangtua tentang status gizi dan perkembangan kognitif usia balita

Sari, Ayu Novita (2021) Pengetahuan orangtua tentang status gizi dan perkembangan kognitif usia balita. Skripsi, PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN KEPERAWATAN, POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA.

[img] Text
LR_Ayu Novita Sari__Pengetahuan Orang Tua Tentang Status Gizi dengan Perkembangan Kognitif Usia Balita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan:Tahap perkembangan kognitif pada kelompok usia mulai dari dua sampai dengan lima tahun atau disebut dengan balita tahap ini adalah tahap pra-operasional di mana pada usia ini perkembangan otak sangat pesat. Tidak ada masa setelah ini yang sepesat pada pada masa ini. Kecerdasan kognitif seseorang erat kaitannya dengan status gizi seseorang. Perkembangan kognitif dipengaruhioleh dua faktor yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. yang merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak adalah faktor eksternal yaitu pengetahuan orangtua tentang status gizi anak karena orangtua sebagai tombak dalam menyediakan makanan untuk keluarga. Pengetahuan gizi adalah pengetahuan yang terkait tentang makanan dan zat gizi,sikap atau perilaku orangtua dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi oleh balita dapat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan gizi orangtua yang kurang, dan menjadi salah satu penentu status gizi balita, serta pola makan terkait jumlah, jenis dan frekuensi yang akan mempengaruhi asupan makan pada bayi tersebut.
Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam membuat artikel ini adalah Literature Review. Google Scholar dan ProQuest(tahun 2016-2020) merupakan database yang digunakan dalam review ini. Didapatkan 13 artikel penelitian yang sesuai dengan tujuan dan kriteria review.
Hasil:Berdasarkan hasil penelitian literature review yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan orangtua tentang status gizi dengan perkembangan kognitif usia balita. Dari 13 jurnal hasil penelitian terkait didapatkan bahwa adanyahubungan yang signifikan antara pengetahuan orangtua tentang status gizi dengan perkembangan kognitif usia balita
Kesimpulan:Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan dalam literature review ini adalah keseluruhan jurnal yang dilakukan analisis menunjukkan bahwa adanya hubungan antara pengetahuan orangtua tentang status gizi dengan perkembangan kognitif usia balita.

Introduction: The stage of cognitive development in the age group from two to five years or called toddlers, this stage is the pre-operational stage where at this age brain development is very rapid. There is no future as fast as this time. A person's cognitive intelligence is closely related to a person's nutritional status. Cognitive development is influenced by two factors, namely, internal factors and external factors. which is the most influential factor on children's cognitive development is an external factor, namely parental knowledge about the nutritional status of children because parents are the spearhead in providing food for the family. Nutritional knowledge is knowledge related to food and nutrients, attitudes or behavior of parents in choosing food to be consumed by toddlers can be influenced by the level of parental nutrition knowledge that is lacking, and becomes one of the determinants of nutritional status of toddlers, as well as eating patterns related to the amount, type and the frequency that will affect the baby's food intake.
Method: The research method used in making this article is Literature Review. Google Scholar and ProQuest (2016-2020) are the databases used in this review. There were 13 research articles that matched the objectives and criteria of the review.
Results: Based on the results of the literature review research that has been carried out, it shows that there is a relationship between parental knowledge about nutritional status and cognitive development at toddler age. From 13 related research journals, it was found that there was a significant relationship between parental knowledge about nutritional status and cognitive development at toddler age
Conclusion: Based on the results of research and discussion in this literature review, all of the journals analyzed show that there is a relationship between parental knowledge about nutritional status and cognitive development at toddler age.

Item Type: Tugas Akhir Mahasiswa (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Orangtua; Status Gizi;Perkembangan Kognitif Balita Parental Knowledge; Nutritional Status; Toddler Cognitive Development
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1111 Nutrition and Dietetics > 111199 Nutrition and Dietetics not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1111 Nutrition and Dietetics
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences
Divisions: Jurusan Keperawatan > Program Studi Diploma IV Keperawatan
Supervisor: Datak, Gad and Yeyentimalla, Yeyentimalla
Depositing User: Ayu Novita Sari
Date Deposited: 13 Jan 2022 08:00
Last Modified: 09 Dec 2022 09:14
URI: http://repo.polkesraya.ac.id/id/eprint/1193

Actions (login required)

View Item View Item